Minggu, 23 September 2012

Laporan Tahunan SDN Cikubang


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke Khadirat Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan inayah kepada kami, sehingga kami dapat menyusun Laporan Tahunan Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2011/2012, sholawat serta salam semoga selamanya dicurah limpahkan kepada panutan alam kepada Nabi Muhammad SAW, kepada keluraganya, para shabatnya, dan semoga kita semua dalam menjalani kehidupan di dunia ini mendapat ridho magfiroh Allah SWT.
            Merupakan salah satu kewajiban Kepala Sekolah setiap akhir tahun pelajaran menyampaikan Laporan Tahunan sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan program pendidikan selama kurun waktu satu tahun pelajaran yang disampaikan kepada orang tua siswa serta kepada pihak yang terkait dalam bidang pendidikan.
            Kami menyadarai bahwa Laporan Tahunan yang kami sampaikan ini masih jauh dari sempurna, tidak terperinci serta mendetil hanya memuat garis besarnya saja karena keterbatasan kemampuan, ruang dan waktu, namun demikian semoga Laporan Tahunan ini dapat dijadikan bahan kajian dan evaluasi demi perbaikan dalam penyelenggaraan program pendidikan dimasa yang akan datang.
            Ucapan terimakasih kami sampaikna kepada Komite Sekolah,orang tua siswa, masyarakat, dan pihak terkait yang telah membantu lancarnya penyelanggaraan pendidikan di SD Negeri Cikubang Kecamatan Taraju, semoga amal kebaikannya mendapat pahala dan ridho Allah SWT. amiiin! 

Taraju,        Juni 2012
Kepala SD Negeri Cikubang
Kecamatan Taraju,
(PLT)



K U S N A D I, S.Pd.
NIP. 19611114 198109 1 001















LAPORAN TAHUNAN
KEPALA SEKOLAH DASAR NEGERI CIKUBANG
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

              I.     PENDAHULUAN
Pembangunan Pendidikan Nasional pada Institusi SDN Cikubang bertujuan untuk mewujudkan insan cerdas berkualitas yang beriman, bertaqwa, berbudi luhur, berilmu, menguasai teknologi dan seni, berwawasan masa depan dan global yang berbasiskan nilai-nilai luhur dan berbudaya lokal yang mandiri.
Berdasarkan pada kondisi nyata, kebutuhan, kemampuan, kewenangan, dan tanggung jawab, maka bidang pendidikan perlu dibangun dan dikembangkan dengan komitmen bersama natara pemerintah, masyarakat, dan orang tua murid dalam penyelenggaran pendidikan secara demokratis, terbuka,partisipatif, bermartabat, dan bertanggung jawab. Untuk itu, kepala sekolah dituntut mampu menyusun program kerja yang akun tabel, dan melaporkannya kepada pihak terkait pada akhir tahun pelajaran.
Tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan Sekolah Dasar, dirumuskan mengacu kepada tujuan umum pendidikan yaitu ; meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.
Program pendidikan tahun pelajaran 2011/2012 di SD Negeri Cikubang Kecamatan Taraju dapat terselenggara berkat kerjasama yang baik antara ketiga komponen yakni; pemerintah, masyarakat dan orang tua.

           II.     TUJUAN
Laporan Tahunan Kepala Sekolah yang disampaikan pada akhir tahun pelajaran bertujuan antara lain :
1.      Untuk menyampaikan pelaksanaan program kerja Kepala Sekolah Tahun Pelajaran 2011/2012
2.      Melaporkan pencapaian komptensi peserta didik, serta kemajuan belajar siswa.
3.      Sebagai bahan evaluasi tentang pelaksanaan program sekolah selama satu tahun pelajaran.
4.      Menampung saran atau masukan dari orang tua siswa, masyarakat dan pihak pemerintah (Instansi terkait) demi perbaikan program dan pelaksanaan program pendidikan untuk tahun pelajaran berikutnya
5.      Menyampaikan himbauan kepada orang tua siswa kelas VI yang telah tuntas mengikuti kegiatan pendidikan dasar selama 6 tahun, untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP/MTs/ sederajat sesuai dengan program Wajar Dikdas 9 tahun yang telah direncanakan oleh pemerintah.

        III.     MATERI LAPORAN
Materi Laporan Tahunan Kepala Sekolah mengacu pada Program Sekolah yang telah dirumuskan pada awal tahun pelajaran bersama Komite Sekolah.
Adapun Materi Laporan Tahunan Kepala Sekolah adalah sebagai berikut:
a.       Bidang Kesiswaan
b.      Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
c.       Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan serta Pengembangannya
d.      Bidang Saran dan Prasarana.
e.       Bidang Keuangan dan Pembiayaan
f.       Bidang Budaya dan Lingkungan Sekolah
g.      Bidang Peranserta Masyarakat dan Kemitaraan
h.      Bidang Lain lain.

A.    Bidang Kesiswaan :
1.      Penerimaan Siswa Baru Kelas I
a.       Peneriamaan siswa baru kelas I tahun pelajaran 2011/2012 dilaksanakan mulai minggu ke-1 bulan Juli 2012 samapai dengan minggu ke-2 bulan Juli 2012
Untuk Tahun Pelajaran 2012/2013 Pendaftran Siswa Baru dimulai pada tanggal 16 Juli 2012.
b.      Calon siswa yang mendaftar dicatat dengan menggunakan format S1, dan S2.
c.       Nama-nama calon siswa yang telah ditetapkan menjadi siswa kelas I dilaporkan ke kantor UPTD Pendidikan TK, SD, dan PLS Kecamatan Taraju, dan menggunakan format S3.
Data Keadaan Siswa SD Negeri Cikubang pada tahun pelajaran 2011/2012 sebagai berikut :
No
Uraian
Jumlah Murid
L
P
Jumlah
1.
Jumlah siswa awal tahun pelajaran
78
63
141
2.
Masuk selama satu tahun pelajaran
19
18
37

Jumlah
97
81
178
3.
Keluar/pindah selama satu tahun pelajaran
4
3
7

Jumlah
93
78
171
4.
Siswa kelas VI yang tamat/ Lulus
13
12
25

Jumlah Siswa Akhir Tahun Pelajaran
80
66
146

Jumlah siswa kelas VI seluruhnya 25 orang yang mengikuti kegiatan UN/US sebanyak 25 Orang, dan berdasarkan hasil Rapat Dewan Guru semuanya peserta yang ikut Ujian Sekolah dinyatakan Lulus/Tamat
2.      Layanan Konseling
Layanan konseling pada peserta didik yang memerlukan dilakukan oleh guru kelas masing-masing.
3.      Melakukan Kegiatan Ekstrakurikuler
a.       Kegiatan ekstrakurikuler dilkasanakan diluar jam belajar, sesuai dengan jadwal dan program kegiatan yang telah ditetapkan.
b.      Jenis Kegiatan ekstrakulikuler terdird dari :
·         Pembinaan Kepramukaan
·         Pembinaan Keterampilan
·         Pembinaan Kesenian
·         Pembinaan Keagamaan
·         Pembinaan Tata Upacara Bendera
4.      Melakukan pembinaan prestasi unggulan
a.    Pembinaan prestasi siswa baik dibidang akademik maupan non akademik dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan
b.    Mengikuti lomba prestasi siswa yang di selenggarakan di tingkat gugus dan tingkat kecamatan/kabupaten.
c.    Jenis kegiatan lomba yang telah diikuti diantaranya:
·      O2SN Tingkat Gugus
·      O2SN Tingkat Kecamatan
·      O2SN lomba melukis (a.n Rai Nurul Nugraha Kls.V)
Menjadi juara ke-1 di Kecamatan,alhamdulilah telah menjadi utusan ke tingkat Kabupaten
·      O2SN Bulu Tangkis (a.n. Restu Ahmad Fauzan Kls. V) Juara ke-3 tingkat Kecamatan
·      O2SN catur (a.n Rai Nurul Nugraha Kls. V) juara ke-3 tingkat kecamatan
·      Olimpiade PASIAD Mata Pelajaran Matematika(a.n Ismayani Kls. VI) alhamdulilah telah menjadi utusan ke tingkat Kabupaten
·      Sapta lomba PAI TAHFID QUR’AN (a.n Ismayani Kls. VI) juara ke I di tingkat kecamatan.Alhamdulilah telah menjadi utusan ke tingkat Kabupaten
·      Lomba CALISTUNG untuk kelas I,II dan III
Lomba CALISTUNG (a.n Sifa Khaerunisa Kls. III) juara ke-3 di tingkat Kecamatan





B.     Bidang Kurikulum dan Kegiatan Pembelajaran
1.      Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP)
a.       Mengadakan musyawarah dengan Komite Sekolah untuk menyusun dan menetapkan KTSP tahun pelajaran 2011/2012
b.       KTSP di kembangkan sesuai dengan kondisi sekolah,potensi, atau kateristik daerah, sosial budaya masyarakat dan peserta didik.
c.       Menyusun silabus setiap mata pelajaran sesuai dengan Standar Isi,Standar Kompetensi lulusan, dan Panduan Penyusunan KTSP.
2.      Kalender Pendidikan
a.       Membuat kalender pendidikan yang meliputi jadwal pembelajaran, ulangan,ujian, kegiatan ekstrakulikuler, dan hari libur :
·         Libur Semester II mulai tanggal 25 juni 2012 s/d 14 juli 2012
·         Masuk Sekolah Tahun Pelajaran 2011/2012 tangga 16 juli 2012
b.      Pembuatan kalender pendidikan di dasarkan pada Standar Isi,berisi mengenai aktivitas sekolah selama satu tahun ajaran dan dirinci secara semesteran, bulanan, dan mingguan
c.       Menyusun mata pelajaran yang di jadwalkan pada semester gasal,dan semester genap.
3.      Program Pembelajaran
a.       Menjamin mutu kegiatan pembelajaran untuk setiap mata pelajaran dan program pendidikan tambahan
b.      Kegiatan pembelajaran didasarkan pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan peraturan pelaksanaan, serta Standar Proses dan Standar Penilaian.
c.       Mutu pembelajaran dikembangkan dengan: model kegiatan pembelajaran yang mengacu pada Standar Proses; melibatkan peserta didik secara aktif demokratis, mendidik, motivasi, mendorong kreativitas dan dialogis dengan pendekatan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM)
4.      Penilaian Hasil Belajar Siswa
a.       Melaksanakan kegiatan Ulangan Harian
b.      Melaksanakan kegiatan Ulangan  Tengah Semester
c.       Melaksanakan kegiatan Ulangan Akhir Semester I
d.      Melaksanakan kegiatan Ulangan Kenaikan Kelas
e.       Melaksanakan kegiatan Ulangan Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) dan Ujian Sekolah
f.       Menilai hasil belajar untuk seluruh kelompok mata pelajaran,dan membuat catatan keseluruhan,untuk menjadi bahan program remedial, klarifikasi capaian ketuntasan yang di rencanakan

5.      Peraturan Akademik
a.       Menyusun Tata Tertib Sekolah
b.      Menetapkan peraturan akademik yang berisi persyaratan minimal kehadiran siswa untukmengikuti pelajaran dan tugas dari guru;
c.       Peraturan akademik di putuskan oleh rapat dewan pendidikan dan di tetapkan oleh kepala sekolah\

C.    Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
1.         Menyusun program pendayagunaan pendidik dan tenaga kependidikan, dengan memperhatikan Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan
2.         Mengangkat 1 orang tenaga kerja pendidik tambahan (guru sukwan/honorer), dan 1 orang tenaga penjaga sekolah sehubungan kurangnya tenaga pendidik yang difensif (PNS)
3.         Menyusun pembagian tugas mengajar tenaga pendidikan dan tugas tambahan (bimbingan)
4.         Mengusulkan kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala pegawai
Keadaan Tenaga Pendidik dan Kependidikan akhir tahun pelajaran 2011/2012
o   Kepala Sekola                         : 1 orang
o   Guru Kelas                              : 4 orang
o   Guru Penjaskes                       : 1 orang
o   Guru PAI                                : 1 orang
o   Guru Sukwan/GTT                 : 3 orang
o   Penjaga Sekolah Sukwan        : 1 orang

D.    Bidang Sarana dan Prasarana
1.      Program pengelolaan sarana dan prasarana mengacupada Standar Sarana dan Prasarana pada hal : merencanakan, memenuhi dan mendayagunakan sarana dan prasarana pebdidikan.
2.      Mengevaluasi dan melakukan pemeliharaan sarana dan prasaran agar tetap berfungsi mendukung proses pendidikan.
3.      Melengkapi fasilitas pembelajaran pada setiap tingkat kelas di sekolah.
4.      Menyusun skala prioritas pengembangan fasilitas pendidikan sesuai dengan tujuan pendidikan dan kurikulum masing-masing tingkat.
5.      Pemeliahaaran umum fasilitas fisik dan peralatan dengan memperhatikan kesehatan dan keamanan lingkungan.
6.      Pada tahun pelajaran 2011/2012 SDN Cikubang mendapat bantuan DAK 2 lokal, yaitu kelas I dan kelas VI yang dibangun oleh CV sehingga lantai tidak dikeramik daqn bansol tidak pakai internit.
Keadaan Sarana dan Prasarana pada Tahun Pelajaran 2011/2012, sebagai berikut:
1.      Gedung Sekolah
Bangunan SD Negeri Cikubang terdiri dari 2 unit bangunan
·      Ruangan Kantor/Guru                           :           1          ruang   Rusak Sedang
·      Rungan Belajar                                      :           6          ruang   Rusak Berat
·      Ruangan penunjang
Ruang Kesenian                                     :           tidak ada
·      Rumah Dinas Kepala Sekolah               :           1          unit      Rusak Berat
·      Rumah Dinas Guru                                :           1          unit      Rusak Berat
·      Rumah Dinas Penjaga                            :           -           unit
·      WC/Mushola                                          :           1          unit      Rusak Sedang

2.      Inventaris Sekolah
No
Jenis Barang Inventaris
Jumlah/Kondisi
Jumlah
Baik
Sedang
Rusak
1.
Meja murid
81
-
14
95
2.
Kursi murid
151
-
32
183
3.
Meja guru/Kepala Sekolah
3
-
4
7
4.
Kursi guru/Kepala Sekolah
3
-
4
7
5.
Lemari
3
-
2
5
6.
Rak buku
3
2
1
6
7.
Papan tulis
3
1
2
6
8.
Kursi tamu
2
-
-
2
9.
Peralatan degung
-
-
1 set
1 set
10.
Calung

I set

1 set
11.
Alat qosidah

1 set

1 set
12.
Komputer

2 set

2 set
13.
Laptop

1 set

1 set
14.
TV

1 buah

1 buah
15.
Tave recorder

1 buah

1 buah
16.
Sound system
1 set


1 set
17.
Infocus
I buah


1 buah







E.  Bidang Keuangan dan Pembiayaan
1.      Bersama Komite Sekolah pada awal tahun pelajaran telah disusun RAPBS dan ditetapkan APBS SDN Cikubang tahun anggaran 2011/2012 yang menjadi pedoman dalam pengelolaan keuangan sekolah.
2.      Mensosialisasikan RAPBS/APBS kepada seluruh warga sekolah dan orang tua siswa, untkmenjamin tercapainya pengelolaan dana secara transparan dan akuntabel.
3.      Mengatur sumber pemasukan, pengeluaran dan jumlah dana ynag dikelola.
4.      Membelanjakan anggaran pendidikan sesuai dengan peruntukannya.
5.      Membukukkan semua penerimaan dan pengeluaran serta penggunaan anggaran, untuk dilaporkan kepada komites ekolah, orang tua siswa,dan instansi terkait.
Untuk tahun pelajaran 2011/2012 penerimaan dan pengeluaran keuangan secara garis besarnya kami laporkan sebagai berikut :
No
Uraian
Penerimaan Rp.
Pengeluaran Rp.
1.
Dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) reguler
98.600.000
98.600.000
2.
Dana BOS Provinsi
4.250.000
4.250.000

Jumlah
102.850.000
102.850.000
Saldo
0

Untuk lebih jelasnya mengenai laporan keuangan dan pembiayaan sekolah, dapat dilihat dalam pembukuan keauang (SPJ).

Tabungan Siswa
Tabungan siswa samapai dengan tanggal 30 Juni 2012 sebagai berikut
No
Kelas
Jumlah
1.
I
4.840.000
2.
II
13.786.500
3.
III
14.560.000
4.
IV
14.078.500
5.
V
7.851.000
6.
VI
9.866.500
Jumlah
64.982.200

            Tabungan siswa kelas VI telah kami bagikan pada tanggal 11 Juni 2012
·         Berdasarkan hasil musyawarah pengurus komite dengan semua orang tua murid mencanangkan bagi yang punya untuk ridho menyumbangkan sebesar Rp. 1000,-/siswa/bulan yang langsung dikelola oleh Pengurus Komite dalam rangka menunjang keberlangsungan kegiatan pembelajaran siswa, tanpa pkasaan dari sekolah.
F.   Bidang Budaya dan Lingkungan Sekolah
1.      Terciptanya suasana, iklim, dan lingkungn pendidikan yang kondusif untuk pembelajaran yang efisien
2.      Ditetapkannya pedoman tata tertib yang berisi : tata tertib pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik, termasuk dalam hal menggunakan dan memelihara prasarana pendidikan.
3.      Ditetapkannya kode etik warga sekolah yang memuat norma tentang hubungan norma sesama warga di dalam lingkungan sekolah/madrasah dan hubungan antara warga sekolah/madrasah dengan masyarakat.
4.      Kode etik sekolah mengatur peserta didik untuk :
o  Menjalankan ibadah sesuai dengan agama yang dianutnya;
o  Menghormati pendidik dan tenagaka kependidikan;
o  Mengikuti proses pembelajaran dengan menjunjung tinggi ketentuan pembelajaran dan mematuhi semua peraturan yang berlaku;
o  Memelihara kerukunan dan kedamaian untuk mewujudkan harmoni sosial di antara teman;
o  Mencintai keluarga,masyarakat,dan menyayangi sesama;
o  Mencintai lingkungan, bangsa, dan negara; serta
o  Menjaga dan memelihara sarana dan prasana, keberhasilan, ketertiban, keamanan, keindahan, dan kenyamanan sekolah

G.    Bidang Peranserta Masyarakat dan Kemitraan
1.      Terbentuknya organisasi Komite Sekolah yang berfungsi untuk mendorong tumbuhnya perhatian dan komitmen masyarakat tehadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu serta mumpumg dan menganalisis aspirasi,ide, tuntutan dan berbagai kebutuhan pendidikan yang di ajukan oleh masyarakat
2.      Melibatkan warga dan masyarakat pendukung sekolah dalam mengelola pendidikan
3.      Menjalain kemitraan dengan lembaga lain yang relevan, berkaitan dengan jnput, proses, output, dan pemanfaatan lulusan
4.      Kemitraan yang berkaitan dengan penerimaan siswa baru kelas I dilakukan dengan TK/RA, PAUD yang beradda di Desa Cikubang
5.      Kemitraan yang berkaitan dengan output lulusan di lakukan dengan SMP Negeri 2 Taraju, SMP Negeri 1 Taraju dan MTs.Yapin Cikubang
H.    Lain-lain
1.      Pada bulan suci Ramadhan, di selenggarakan kegiatan pembelajaran yang mengutamakan materikeagamaan baik di sekolah maupun di pesantren/DKM terdekat
2.      Untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan memupuk agar siswa gemar membaca diselenggarakan Perpustakaan Sekolah yang di bimbing oleh petugas perpustakaan
3.      Tenaga pendidik (GURU) dan Kepala Sekolah berperan aktif dalam kegiatan KKG dan KKS
4.      Melakukan studibanding ke SD_SD yang berada di Kecamatan Taraju
   IV.          USULAN
1.      Kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya melalui Kepala UPTD Pendidikan TK, SD, dan PLS Kecamatan Taraju :
§  Penambahan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yaitu guru kelas, dan penjaga sekolah
§  Mohon diusulkan untuk mendapat bantuan dana rehabilitasi ruang kelas sebanyak 1 lokal
§  Mohon diusulkan untuk mendapatkan sarana perpustakaan lengkap dengan bahannya
§  Mohon diusulkan untuk mendapat bantuan alat peraga pendidikan
§  Mohon diusulkan Guru Sukwan/GTT dan penjaga Sukwan mendapat tunjangan pungsional atau tunjang sertifikasi.
2.      Kepada Pengurus Komite Sekolah dan orang tua siswa
§  Peserta Komite Sekolah dan orang tua siswa dalam membantu kelancaran program pendidikan tetap di pertahankan dan bahkan lebih meningkat lagi
§  Siswa kelas VI yang telah tamat dan dinyatakan lulus agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi
§  Tidak ada anak yang putus sekolah
§  Membibing anaknya dalam dalam belajar pada saat anak sedang ada di rumah.
      V. PENUTUP
Demikian Laporan Tahunan Kepala Sekolah tahun pelajaran 2011/2012 yang dapat kami sampaikan untuk di jadikan bahan kajian dan evaluasidemi kemajuan pendidikan di SD. Negeri Cikubang dimasa yang akan datang.
Kami menyadari bahwa ini sangat jauh dari sempurna, untuk itu mohon maafyang sedalam-dalamnya, denmgan senang hati kami meminta masukan, saran dan kritik dari semua pihak untuk menyempurnakan penyelenggaraan program pendidikan selanjutnya.

Taraju,        Juni 2012
Kepala SD Negeri Cikubang
Kecamatan Taraju,
(PLT)



K U S N A D I, S.Pd.
NIP. 19611114 198109 1 001

3 komentar:

  1. Terima kasih infonya, sangat bermanfaat. Bagi kepala sekolah yang akan menghadapi kinerja kepala sekolah/madrasah silahkan lengkapi kebutuhan administrasi kepala sekolah anda disini CD Administrasi Kepala Sekolah"

    BalasHapus
  2. izin copy admin...sangat bermanfaat...terimakasih

    BalasHapus
  3. Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
    Saya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
    Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com

    Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com

    BalasHapus